Sabtu, 24 Mei 2014

INILAH DZIKIR HEBAT PERLINDUNGAN NABI MUHAMMAD S.A.W DAN NABI IBRAHIM A.S


Dalam hadits Rasulullah SAW bersabda :

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ قَالَهَا إِبْرَاهِيمُ عَلَيْهِ السَّلَام حِينَ أُلْقِيَ فِي النَّارِ وَقَالَهَا مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِينَ قَالُوا إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ (رواه البخاري)

Dari Ibnu Abbas ra, “Hasbunallah wani’mal Wakil’ kalimat yang dibaca oleh Nabi Ibrahim as ketika dilempar ke dalam ap, dan juga telah dibaca oleh Nabi Muhammad SAW ketika diprovokasi oleh orang kafir, supaya takut kepada mereka ; ‘sesungguhnya manusia telah mengumpulkan segala kekuatannya untuk menghancurkan kalian, maka takutlah kamu dan janganlah melawan, tapi orang-orang beriman bertambah imannya dan membaca, Hasbunallah wa ni’mal Wakil (cukuplah Allah yang mencukupi kami dan cukuplah Allah sebagai tempat kami bertawakal.” (HR. Bukhari)

Kedua Nabi yang saban shalat kita bershalawat ditahiyat akhir, bukan orang sembarangan mereka kekasih Allah SWT yang paling tinggi. Keduanya bertawakkal penuh kepada Allah SWT saja dengan bacaan tsb. Bertawakkal dijalan Allah tegar diatas ujian sembari mendawamkan amalan diatas.

Ada tiga faedah amalan Hasbunallah yaitu :

Pertama, permohonan pertolongan Allah

Kedua, memantapkan hati atas kekuasaan Allah SWT meliputi segala sesuatu

Ketig, menguatkan hati Dijalan Allah, juga sebagai bentuk tawakkal kepada-Nya, sebagaimana kedua Nabi yang mulia itu teguh memegang agama Allah SWT dikala diuji oleh penguasa.

Bacaan yang kudu dihayatin gak sekedar hanya dilisan saja. Mereka bertawakkal meyakini jalan Allah yang terbaik, tidak berpindah jalan, walau mendapat ancaman dari orang-orang kafir untuk meninggalkan jalan-Nya.

- Meyakini jalan Allah SWT seperti tegar mengenakan jilbab dikala orang mencibirnya.

- Meyakini jalan Allah SWT meninggalkan bunga rentenir walaupun hatinya kepingin.

- Meyakini jalan Allah SWT dengan benahin ibadah, jalanin yang wajib disempurnakan dengan jalanin ibadah yang sunnah

- Meyakini jalan Allah SWT dengan bersedekah terbaik atau dikala sempit
Walaupun godaan dunia seringkali menahannya.

- Meyakini Syariat Allah sebagai solusi kehidupan, baik pribadi, keluarga dan berbangsa walaupun ujian dan godaannya besar.

Semuanya tidak menggoyaahkan kakinya dijalan Allah, marilah kita dawamin wirid tersebut dengan menghayatinya sebagaimana para kekasih Allah SWT.


sumber: https://www.facebook.com/pages/Yusuf-Mansur-Network/109056501839

0 Komen:

Posting Komentar

Gunakan kata-kata yang sopan ya...