Rabu, 06 Januari 2016

Resolusi 2016 : Jangan Menunda Kebaikan


Kini tahun telah 2016 telah datang dan 2015 telah berlalu. Sebelum terlalu lama berlalu mari kita renungkan perbuatan kita selama 12 bulan yang telah kita lewati. Renungkan lebih banyak manakah kebaikan atau keburukan yang telah kita lakukan.


Dari Syadad bin Aus ra, dari Nabi Muhammad saw, beliau berkata: “Orang yang pandai adalah orang yang menghisab (mengevaluasi) dirinya sendiri serta beramal untuk kehidupan sesudah kematian. Sedangkan orang yang lemah adalah orang yang dirinya mengikuti hawa nafsunya serta berangan-angan terhadap Allah SWT” (Imam Turmudzi) .

Seorang Muslim tidak seharusnya hanya berwawasan sempit dan terbatas, sekedar pemenuhan keinginan untuk jangka waktu sesaat. Namun lebih dari itu, seorang muslim harus memiliki visi & planing untuk kehidupannya yang lebih kekal abadi. Karena orang yang sukses adalah orang yang mampu mengatur keinginan singkatnya demi keinginan jangka panjangnya. Orang bertaqwa adalah orang yang ‘rela’ mengorbankan keinginan duniawinya, demi tujuan yang lebih mulia, ‘kebahagian kehidupan ukhrawi.’


Usia kita mungkin bertambah, namun waktu kehidupan kita di dunia senantiasa berkurang. Sebelum kita sampai di  akhir waktu kehidupan kita bersegeralah berbuat kebaikan. 


Di tahun 2016 ini kita perlu membuat sebuah resolusi. Jadikan tahun 2016 sebagai langkah awal kita untuk menjadi generasi yang lebih baik lagi. Resolusi tahun 2016 yang harus dilakukan oleh umat islam adalah “jangan menunda kebaikan.” Jangan menunggu tua dulu untuk berhijab, jangan menunggu tua dulu untuk rajin ke masjid, jangan  menunggu tua dulu untuk rajin mengaji, jangan menunggu tua dulu untuk memikirkan kehidupan akhirat, jangan menunggua tua dulu untuk melakukan kebaikan. Ingatlah, kita tidak tahu kapan akhir waktu kehidupan yang diberikan Allah kepada kita. Karena syarat mati tidak harus sakit. Karena syarat mati tidak harus tua. Oleh karena itu janganlah kalian menunda kebaikan. Tetaplah istiqomah dalam berbuat kebaikan, sampai di akhir waktu kehidupan. 

Tetap istiqomah dalam kebaikan yah.. ;)