Rabu, 09 Juli 2014

MENDULANG PAHALA DAN KEUTAMAAN RAMADHAN


Mengingat betapa besarnya pelipatgandaan pahala dan banyaknya peluang kebaikan di bulan Ramadhan, maka ramadhan haruslah menjadi momen mendulang kekayaan (pahala) bagi kita semua. Pundi-pundi pahala kita yang selama 11 bulan isinya tidak seberapa, maka di bulan ini harus segera dipenuhkan hingga sesak. Untuk itu kita harus pandai-pandai mendulangnya. Tentu kita tahu bahwa Ramadhan adalah bulan di mana pahala setiap amal dilipatgandakan. Pahala amalan sunnah seperti amalan wajib di luar Ramadhan, dan pahala amalan wajib dilipatgandakan menjadi 70 kali lipat. Subhaanallah.

Dalam kondisi normal (bulan biasa), pahala membaca al-Quran itu seperti hadits berikut:

Ibnu Mas’ud berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alquran ), ia akan mendapatkan satu kebaikan yang nilainya sama dengan 10 kali ganjaran (pahala). Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR Tirmidzi).

Jadi tiap satu huruf yang kita baca memiliki 10 pahala. Dalam kalimat basmalah saja ada 19 huruf, berarti membaca basmalah ketika membaca al-Quran sama dengan 190 pahala. Bayangkan kalau kita membaca satu ayat, satu halaman, satu lembar, satu juz, atau satu al-quran (30 juz). Sungguh tidak terbayang betapa banyaknya pahala yang kita dapatkan. Itu pun baru di luar ramadhan, lalu bagaimana dengan membacanya di dalam bulan Ramadhan dimana dilipat gandakan berlipat-lipat ?

Sepertiga malam biasa doa kita diijabah dalam shalat tahajud, dalam bulan ramadhan lebih utama lagi dua kali lipat. Karena perpaduan dua waktu mustajabah, bila kalbu yakin dan jernih terjaga ibadah insya Allah. Kemudian dengan hari jumat yang merupakan hari barokah, akan bertambah dibulan Ramadhan.

Nabi Saw menyampaikan kabar gembira kepada para sahabatnya, beliau bersabda, "Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah telah mewajibkan atas kalian untuk berpuasa padanya. Di bulan itu, dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, dan setan-setan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang terhalangi dari kebaikan yang ada padanya, berarti ia benar-benar terhalangi dari kebaikan." (Hadits shahih, riwayat Ahmad dan An-Nasai, dari Abi Hurairah).

Setiap perbuatan baik yang dilakukan seorang Muslim akan diberi balasan pahala dari sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat, kecuali ibadah puasa. Ibadah puasa itu untuk Allah, dan Allah yang akan membalasnya. Orang yang berpuasa itu telah meninggalkan makan, minum dan syahwat-rya demi Allah semata. Dan bagi orang yang berpuasa akan diberkan dua kegembiraan, yaitu kegembiraan pada saat berbuka, dan kegembiraan ketika kelak ia berjumpa dengan Tuhannya. Juga bau mulut orang yang berpuasa, di sisi Allah, lebih harum dari minyak wangi kasturi. (Berdasarkan hadits riwayat Imam Bukhari- Muslim).

Yaa Robb, jagalah kami agar istiqomah dalam ketaatan, terimalah amal ibadah kami dibulan suci Ramadhan ini, Aamiin Yaa Robbal 'alamiin


sumber: https://www.facebook.com/pages/Yusuf-Mansur-Network/109056501839

0 Komen:

Posting Komentar

Gunakan kata-kata yang sopan ya...